TEKNIK INFORMATIKA

A.identik sistem komputer

Komputer pada masa sekarng ini sudah menjadi sebuah piranti yang paling banyak digunakan dalam berbagai industri dan dalam kegiatan yang di lakukan sehari-hari.Selain di gunakan dalam pekerjaan,komputer juga sering digunakan sebagai media hiburan seperti misalnya streamig secara online atau bermain game.

 1.DASAR-DASAR SISTEM KOMPUTER

Sistem komputer merupakan sekumpul piranti-piranti komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain dan berguna untuk melakukan proses pengolahan data komputer,sehingga dapat menghasilkan informasi yang di butuhkan oleh penggunanya.Berapa fungsi dari sistem komputer sebagai berikut.

a.Mengimput data
fungsi dari sistem komnputer yang pertama adalah menginput data ke dalam komputer.Sistem komputer berfungsi untuk menginput seluruh jenis data yang telah dimasukan oleh user melalui piranti hardware seperti mouse,keyboard,microphone dan yang lainnya.

         
See the source image 
 b.memperoses data
   fungsi sistem komputer yang pertama yang berikutnya adalah memperoses data.Data yang telah diinput oleh user masih dalam bentuk mentah .Oleh karena itu, setelah di input sistem akan melakukan sebuah proses dengan meneransfer data mentah tersebut menjadi sebuah informasi yang dapat di baca oleh memori komputer .proses dat ini dilakukan pada Central Processing Unit (CPU) yang juga berperan sebagai otak komputer.
       
   

See the source image
c.menghasikan data
  fungsi yang berikutnya merupakan sebuah hasil dari input dan proses data.Sistem komputer berfungsi untuk menghasilkan sebuah ouput yang merupakan hasil dari dat yang telah diproses hasil ouput tersebut dapat berupa informasi,gambar,suara ataupun video yang sejak awal berupa sebuah pengolahan data.

d.Menyimpan data
   fungsi dari sistem komputer yang terakhir adalah menyimpan data.Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data output yang merupakan hasil olehan tadinya telah diinput dan diproses pada memori komputer.
    See the source image


2.fungsi hadware
   hadware terdiri dari beberapa jenis atau bagian yang berbeda dengan masing masing kegunaan sebagai berikut.
a.piranti input (ouput device)
   input device sering diartikan sebagai piranti masukan.Input device merupakan piranti pada hadware komputer yang berfungsinya sebagai alat untuk memasukan data-data atau perintah pada komputer,Misalnya keyboard,mouse,web cam,scanner, dan lain lain.
b.piranti processing(procesing device)
   processing device merupakan sebuah piranti yang berguna dalam memperoses data yang berasal dari input device yang selanjutnya menghasilkan sebuah dta yang diinginkan melalui output device.CPU adalah otak dari sistem komputer ysng bertanggung jawab atas semua kegiatan yang terjadi  di dalam komputer.
c.piranti output (output device)
output device berguna untuk menampilkan atau memberikan sebuah hasil akhir dari pengolahan proses sebelumnya di masukan melalui input yang kemudian di proses pada processing device.output unit memiliki fungsi yang berkebalikan dengan input unit.Data yang di hasulkan dapat berupa sebuah informasi,gambar,suara,atau video.
d.Piranti penyimpanan (storage Device)
   data atau instruksi yang telah diinputpada sistem komputer akan melalui unit input terlebih dahulu dan di simpan pada unit bstorage sebelum bemnar benar di proses.pada komputr storage device umumnya dibagi menjadi dua bagian yaitu intenal dan eksternal.
3.Fungsi opperating system
   perating system atau sistem operasi (OS) sebagai dasra teknologi informasi pada sebuah komputer dan gedget mislanya microsoft Windows ,Linux,Max Os,DOS,Android dan lain lain.di samping itu,sistem operasi memiliki beberapa fungsi dengan penggolongan tiga bagian, yaitu sebagia meediator,wadh dari penerjemah.
a.Fungsi sistem operasi
   Beberapa fungsi utanma dari sistem operasi adalah sebagi berikut.
1) Menjalankan operasi dasar
     Fungsi utam dari sistem operasi adalah menjalankan operasi dasar pda komputer.
sistem ini dinilaib sebagai komponen vital yang mendasari kerja piranti lunak (software) lainnya.
2) Mengatur kerja hardware dan software
    bisa di kataka bahwa sistem operasi adalah resource manager dalam dalam piranti komputer.
Maksudnya, sistem operasi berfungsi mengontrol fungsi piranti keras seperti memori,CPU, hard disk,dan piranti keras lainnya mengatur fungsi program software agar terhubung dengan piranti keras tersebut.
3)Wadah program atau aplikasi
Aplikasi-aplikasi yang ada di komputer menang tersimpan dalam piranti penyimpanan tetapi sebenarnya aplikasi atau program tersebut berada dalam wadah yang merupakan sistem operasi.
4)Menyajikan tampilan
  berbagi jenis tampilan yang dilihat pada komputer atau gedget pada dasrnya hasil pengoprasian dari sisitem operasi.
5)Mengoordinasi kerja piranti komputer
    sistem operasi juga berfungsi mengoordinasikan segala hal di dalam komputer terutama penyusun program.
6)Mengoptimalkan fungsi piranti komputer
    Sistem opersi jufga mengoptimalkan penggunaan piranti keras atupun piranti lunak.
b.Prinsin sistem operasi
   jika pada sistem komputer tebagi dalam lapisan-lapisan tertentu, keberadaan sistem operasi adal;ah sebagi penghubung antara lapisan hadware dengan lapisan software.
c.Sistem operasi yang digunakan sekarang
   beberapa jenis sistem operasi yang sering di gunakan oleh user, diantaranya Windows,Linux,Macinthosh,Symbian,dan Andoid OS.
UNIT PENGOLAHAN LOGIKA DAN ARITMATIKA
ALU sering di sebut mesin bahasa (machinelanguage) karena bagian ini mengerjakan instruksi-instruksi bahas mesin yang diberiakn.
1. Tugas Arithmatic logical Unit (ALU)
    Tugas utama dari Aritmatic Logical Unit (ALU) adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematiak) yang terjadi sesuai dengan instruksi program juga bertugas membentuk fungsi-fungsi pengolahan data komputer dan melakukan keputusan dari operasi sesuai dengan instruksi program,yaitu operasi logika(logical operation).
2.Cara Kerja Arithmatic Logical Unit (ALU)
Adder digunakan untuk memperoses operasi artimetika sehingga posisi adder bisa di sebut sebagai rangkaian kombinasional aritmatika.Secara mendasar,adder di kategorikan sebagai berikut.
a.half adder
  implementasinya adala sebagai berikut.
1) jika A=0 dan B=0 dijumlahkan ,hasilnya S (Sum)=0
2) jika A=0 dan B=1 dijumlahkan ,hasilnya S (Sum)=1
3) jika A=1 dan B=1 dijumlahkan , hasilnya S(Sum)=0
4) jika A=1 dab B=1 dijumlakan ,hasilnya S(Sum)=0 dengan nilai pindahan cy (carry)
b.full adder 
IC ini terdiri dari 20 kaki dan beroprasi dengan 4x2 pin data input (pinA dan pinB) dengan 4 pin keluaran (pinF).
c.paralel adder 
  begitu seterunya menuju ke most significant bit 9MSB)-nya.



KERJAKAN SOAL BERIKUT INI!

1. istem berasal dari bahas yunani,yaitu....
   a.sistemme
b.sustema
c.syuestema 
d.syustema
2.Berikut fungsi hardware dalam mendukung proses komputerisasi,KECUALI....
a.menerima input data 
b.mengplah data 
c.menyimpan data 
d.menerima hasil olah data
3.Berikut yang BUKAN termasuk input device adalah...
a.keyboard
b.maouse
c.web cam
d.monitor
4.berikut yang BUKAN termasuk hasil output adalah...
a.gambar
b.informasi
c.prosedural
d.suara
5.untuk real mode aktual dari 80286 protected mode terdapat flag sebanyak..
a,9
b.10
c.11
d.12

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

algoritma dan pemograman