algoritma dan pemograman

1.jelaskan definisi dari algoritma ?
pa yang dimaksud dengan algoritma (algorithm)? Dalam ilmu komputer dan matematika, pengertian algoritma adalah suatu urutan dari beberapa langkah logis dan sistematis yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu.
Pendapat lain mengatakan definisi algoritma adalah proses atau serangkaian aturan yang harus diikuti dalam perhitungan atau operasi pemecahan masalah lainnya, terutama oleh komputer. Dengan kata lain, semua susunan logis yang diurutkan berdasarkan sistematika tertentu dan digunakan untuk memecahkan suatu masalah dapat disebut dengan algoritma.
Contoh algoritma.....
(Minimal2)


1. Menghitung Luas Segitiga

Algoritma Menghitung Luas Segitiga
Analisis :
  • Input : a (alas) dan t (tinggi)
  • Luas Segitiga = a*t/2
Algoritma :
  • Masukan nilai alas (a) dan nilai tinggi segitiga (t)
  • Maka untuk menghitung luas digunakan rumus alas dengan tinggi yang sudah ditentukan
  • Rumus untuk menghitung Luas Segitiga yaitu L = 1/2*a*t
  • Nilai L (Luas) akan dicetak sebagai output ke perangkat output (keluaran)

Flowchart Menghitung Luas Segitiga
contoh algoritma dan flowchart

2. Menghitung  Keliling Lingkaran

Algoritma Keliling Lingkaran 
Analisis :
  • Input : r (jari-jari lingkaran) dan phi
  • Keliling Lingkaran  K=2*phi*r
Algoritma :
  • Menetapkan nilai phi = 3.14
  • Menghitung jari-jari lingkaran
  • Rumus untuk menghitung Keliling Lingkaran  yaitu K=2*phi*r
  • Nilai K (Keliling Lingkaran ) akan dicetak sebagai output ke perangkat output (keluaran)

Flowchart Keliling Lingkaran 
contoh algoritma dan flowchart
2.Apa yang di sebut pemrograman?
 Pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan si pemrogram (programmer). Untuk dapat melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan di banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.
Pemrograman adalah sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi sebuah program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa disebut paradigma pemrograman.
Contoh pemograman.......
( minimal 2)
Pada bagian Pemrograman dasar pascal, kita akan membahas Contoh Program Komputer tentang perhitungan matematika dasar.  Dalam perhitungan matematika, kita menggunakan operator aritmatika sebagai berikut :

Penjelasan :

Operator tanda kurung adalah priorotas pertama, artinya bagian yang berada dalam tanda kurang akan dikerjalan pertama kali, kemudian diikuti oleh operator dengan prioritas kedua yaitu kali dan bagi (*dan /), kemudan tambah dan kurang . Dalam  perhitungan matematika, tanda sama dengan menggunakan tanda  := (titik dua sama dengan) untuk menyatakan nilai.

 Operator Div digunakan untuk membagi 2 bilangan  bulat (integer) kemudian mengambil  hasil bagi dan sisanya dibuang. Sedangkan operator Mod digunakan untuk membagi 2 bilangan bulat (integer) kemudian mengambil sisanya dan hasil baginya dibuang. 

Misalnya : 7 dibagi 2. Hasil baginya 3 dan sisanya 1.
X:= 7 div 2, hasilnya 3
X:= 7 mod 2, hasilnya 1

Tipe Data

1.  Integer    : untuk menyatakan bilangan bulat. Misalnya : 1, 2, 3, dst. Tipe Integer terdiri dari dari 5 macam  yaitu :
2.  Real        : untuk menyatakan bilangan desimal. Misalnya : 1.45, 5.76, dst. Pemisah tanda desimal menggunakan  titik bukan  koma. Tipe real dibagi menjadi 4 macam yaitu   :

Format Output Tipe Real

Output dari variabel bertipe real berupa bilangan desimal dengan 10 angka di belakang koma dan E+0n, dimana n =1,2,3, dst. Misalnya 1.6000000000E+02, artinya sama dengan 1.6 x 10 pangkat 2.
Untuk menampilkan output yang rapi, maka perlu diformat dengan bentuk sbb:

V:N:D dimana V adalan nama variabel, N adalah jumlah digit, dan D adalah jumlah desimal.

Contoh : X:6:2

artinya nilai variabel x terdiri dari 6 digit dan 2 angka dibelakang koma. Misalnya  094.32 tetapi 0 tidak dicetak sehingga tampilan output adalah 94.32.

3.  Char        : untuk menyatakan huruf, karakter dan tanda baca

Tipe data tunggal yang berhubungan dengan tombol-tombol di keyboard. Char adalah semua tombol yang terdapat pada keyboard atau lebih lengkapnya semua karakter yang terdapat pada kode ASCII.
Apabila data Char ingin dijadikan sebagai konstanta maka karakter yang harus diapit dengan tanda kutip satu.   Misalnya  :Huruf := ’A’

4.  String   : untuk menyatakan kata atau kalimat

String (adalah kumpulan type data yang berbentuk karakter). Tipe data string digunakan untuk menampung nilai dalam bentuk huruf, dimana batas maximal adalah sebanyak 255 karakter. Apabila data string ingin dijadikan sebagai konstanta maka data string yang harus diapit oleh tanda kutip satu.   Misalnya  : data:= ’Program Komputer’

5. Boolean    : untuk menyatakan benar(true) atau salah (false)

Mempunyai nilai benar / salah. Operator yang penghubung untuk tipe boolean adalah : =, > , <, <=, =>, <>;. Boolean akan menghasilkan false jika nilai = 0 dan akan menghasilkan true jika nilai = 1. Tipe boolean biasanya digunakan dalam operasi kondisional pada saat pengambilan keputusan Ya atau Tidak dengan menggunakan fungsi IF – Then – else.

Variabel 

Dalam perhitungan matematika, variabel adalah komponen yang sangat penting untuk digunakan. Karena itu, setiap masalah harus dianalisa dengan baik agar dapat menentukan jenis variabel dan tipe data yang akan digunakan. Variabel yang akan digunakan harus dideklarasikan lebih dahulu pada bagian deklarasi variabel.

Contoh Deklarasi Variabel :

Var       
a,b      : integer;
X,y,z     : real;
Huruf     : char;
Kata     : string[25]; artinya panjang kata atau kalimat maksimum 25 karakter. Jika tidak disebutkan maka panjangnya 255 karakter.

 Contoh Program  Komputer Untuk Perhitungan Matematika Sederhana

Contoh-1

Buatlah program dengan persaman  matematika :   Y = 2x + (8x – 25)

Jawab :

Dari persamaan di atas terdiri dari 2 buah variabel yaitu x dan y. Variabel  x adalah variabel  input dan y adalah variabel output. Tipe variabel boleh  integer atau real. Seperti pada pembahasan sebelumnya bahwa Langkah pertama adalah membuat algoritma, kemudian flowchart, dan membuat kode program.

Algoritma :
  •     Mulai
  •     Deklarasikan variabel
  •     Tentukan nilai x
  •     Hitung nilai Y
  •     Cetak x dan y.
  •     Selesai

Flow Chart



Kode Contoh Program Komputer

Program Contoh1;
uses crt;

var x,y : integer;

Begin
     clrscr;
     write('Input Nilai x = ');
     readln(x);
     y:= 2*x + (8*x -25);
     writeln;
     writeln(' Y = ',y);
     readln;
End.








Output Program:

Contoh 2

Buatlah program untuk mencari nilai a dari persamaan  a = (b + 3c)b – bcd

Jawab :

Persamaan di atas terdiri dari 4 buah variabel yaitu a,b,c,dan d. Gunakan tipe data integer jika input datanya berupa bilangan bulat saja. Jika ada input data berupa bilangan desimal, maka harus menggunakan tipe data real.

Algoritma :
  •     Mulai
  •     Deklarasikan variabel
  •     Input nilai b,c,d
  •     Hitung nilai a
  •     Cetak nilai a,b,c,d.
  •     Selesai
Flowchart

Kode Contoh Program Komputer

Program Contoh2;
uses crt;

var a,b,c,d : real;

Begin
     clrscr;
     write('Input Nilai b = ');readln(b);
     write('Input Nilai c = ');readln(c);
     write('Input Nilai d = ');readln(d);
     a:= (b + 3*c)*b - b*c*d;
     writeln;clrscr;
     writeln(' b = ',b:6:2,'   c = ',c:6:2,'  d = ',d:6:2);
     writeln;
     writeln(' Hasil Perhitungan, a = ',a:6:2);
     readln;
End.





Ouput Program


Contoh-3

Buatlah program untuk menghitung persamaan    y= □(√(a^2+b^2 )/4b)

Jawab :

Persamaan di atas terdiri dari 3 buah variabel yaitu y, a, dan b. Variabel y harus bertipe real karena y akan menyimpan hasil pembagian bilangan, dimana hasil pembagian akan berbentuk bilangan desimal. Sedangkan variabel a dan b, bisa bertipe real atau integer. Artinya jika integer, maka a dan b hanya dapat menerima bilangan bulat saja.

Algoritma :

  • Mulai
  • Deklarasikan variabel
  • Input nilai a dan b
  • Hitung nilai  x= √(a^2+b^2 )
  • Hitung nilai  y=x/4b
  • Cetak Nilai  y
  • Selesai
Flowchart


Dalam program Pascal terdapat fungsi :
Sqrt (x)  :  digunakan untuk menghitung nilai akar pangkat dua dari x
Sqr(x)    :  digunakan untuk menghitung nilai pangkat dua dari x

Kedua fungsi tersebut akan kita gunakan dalam program untuk menyelesaikan persamaan.

Kode Contoh Program Komputer

Program Contoh3;
uses crt;

var y,x,a,b : real;

Begin
     clrscr;
     write('Input Nilai a = ');readln(a);
     write('Input Nilai b = ');readln(b);

     x := sqrt(sqr(a) + sqr(b));
     y := x/(4*b);

     writeln;writeln;
     writeln(' a = ',a:6:2,'   b = ',b:6:2);
     writeln;
     writeln(' Y = ',y:6:2);
     readln;
End.

Hasil  Program:


Contoh Program Komputer-4

Buatlah program untuk membagi 2 bilangan bulat dengan operator Div dan Mod.

Jawab :

Div dan Mod hanya dapat membagi bilangan bulat, sehingga variabel yang digunakan harus bertipe integer.

Algoritma :
  • Mulai
  • Deklarasikan variabel  x,y,n,m
  • Input 2 bilangan bulat
  • Hitung  n = x mod y dan m = x div y
  • Cetak hasilnya
  • Selesai

Flowchart : sama dengan contoh di atas.

Kode Contoh Program Komputer


Program Contoh4;
uses crt;

var y,x,n,m : integer;

Begin
     clrscr;
     write('Input Nilai x = ');readln(x);
     write('Input Nilai y = ');readln(y);

     n:= x mod y;
     m := x div y;

     writeln;writeln;
     writeln(' x = ',x,'   y = ',y);
     writeln;
     writeln(' x mod y = ',n);
     writeln(' x div y = ',m);
     readln;
End.

Hasil Program:


Contoh Program Komputer-5:

Buatlah program untuk menampilkan huruf, kata atau kalimat.

Jawab :

Untuk menampilkan huruf, maka tipe variabelnya adalah char sedangkan kata atau kalimat tipe variabelnya adalah string.

Algoritma :
    Mulai
    Deklarasikan Variabel
    Inpit huruf dan kata/kalimat
    Tampilkan/cetak hasilnya
    Selesai

Kode Contoh Program Komputer


Program Contoh5;
uses crt;

var huruf : char;
    kata  : string;

Begin
     clrscr;
     write('Input Huruf        = ');readln(huruf);
     write('Input Kata/Kalimat = ');readln(kata);

     writeln;writeln;
     writeln(' Data Char   = ',huruf);
     writeln(' Data String = ',kata);
     readln;
End.

Hasil Program


Dengan contoh program komputer yang sederhana di atas dengan bahasa Pascal. Saya harap anda semua yang masih pemula  dapat mengerti dan memahami dengan baik pemrograman dasar komputer dengan bahasa Pascal.Dengan mengerti konsep-konsep dasar pemrograman ini, maka materi selanjutnya akan lebih mudah diikuti. Materi berikutnya adalah Contoh Program Komputer tentang Logika Pengambilan Keputusan, umumnya disebut Percabangan.

Mohon anda memberikan komentar, saran, atau pertanyaan untuk memperbaiki materi yang ada dalam blog ini. Dengan demikian blog ini dapat semakin bermanfaat bagi para pelajar dan mahasiswa yang ingin mempelajari contoh program komputer yang dimuat di blog ini.

Semoga bermanfaat.
God bless you all.




Komentar